Minggu, 18 Desember 2011

Praktek VI

PACKAGE DAN JAVA KELAS


PACKAGE DALAM BAHASA JAVA
1. Pengertian
- Package adalah suatu cara untuk memanage class-class yang kita buat. Package akan sangat bermanfaat Jika class-class yang kita buat sangat banyak sehingga perlu dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu.
- Package adalah koleksi dari beberapa class dan interface yang berhubungan, dan menyediakan proteksi akses dan pengelolaan namespace
2. Ketentuan
- 1 package adalah 1 subfolder di file system
- Package sangat berguna untuk mengorganisir file dalam suatu Project atau library
- Nama package menggunakan lowercase
- Keyword: package name;
3. Pendeklarasian

Declarasi Package :
Package namapackage;
Secara umum, bla kita ingin menggunakan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile dalam 1 package, maka anda perlu membubuhkan pernyataan import pada kelas pemanggil tersebut.
Declarasi import :
Mendeklarasikan penggunaan kelas satu package satu per satu
Import  namapackage.namakelas
Mendeklarasikan penggunaan semua kelas satu package
Import namapackage;

Contoh Program Package :
Membuat program Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama = "";
public Manusia(String nama) {
this.nama = nama;
}
}
Membuat program Tumbuha.java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
            public String nama = "";
            public Tumbuhan(String nama) {
                        this.nama = nama;
}
}
Membuat Program Burung.java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.Hewan;
public class Burung {
            public static final boolean bisaTerbang = true;
            public String nama = "";
            public Burung(String nama) {
                        this.nama = nama;
                        System.out.println("Nama burung: "+nama);

                        }
}
Membuat Program MainMakhlukHidup.java
//file Makhlukhidup harus berada dalam folder meet6
public class mainmakhlukhidup {
  public static void main(String[]args) {
    makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia ("Sayuti");
    System.out.println("nama : "+m.nama);

    makhlukhidup.Tumbuhan t = new makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
        System.out.println("nama : "+t.nama);
        System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang? “ +makhlukhidup.Hewan.Burung.bisaTerbang);
        makhlukhidup.Hewan.Burung b = new makhlukhidup.Hewan.Burung ("Beo");
       }
      }

Hasilnya :
contoh 2.


Membuat Program MainMakhlukHiduppakeimport.java
//file Makhlukhidup harus berada dalam folder meet6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.Hewan.*;
public class mainmakhlukhiduppakeImport {
  public static void main(String[]args) {
    Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
    System.out.println("nama : "+m.nama);
    Tumbuhan t = new Tumbuhan("Palem");
        System.out.println("nama : "+t.nama);
        System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang? : "+Burung.bisaTerbang);
        Burung b = new makhlukhidup.Hewan.Burung ("Beo");
       }
      }

Hasilnya :




Java Kelas
Kelas String
Merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukungsejumlah method yang sangat berguna untuk manipulasi string. Beberapa method itu adalah char charAt(integer indeks), Boolean equals(Objek an Objek), int Length dan masih banyak lagi.
Contoh Programnya :
Membuat Program ContohString.java
public class ContohString {
public static void main (String[]args) {
            String Kalimat = "Selamat Belajar JAVA";
            System.out.println ("toUpperCase :" +Kalimat.toUpperCase());
            System.out.println("toLowerCase :"+Kalimat.toLowerCase());
            System.out.println("Jumlah Karakter : " +Kalimat.length());
            System.out.println("Karakter Index ke 0 : "+Kalimat.charAt(0));
            System.out.println("Substring(16,20) : "+Kalimat.substring(16,20));
            System.out.println("Karakter index ke 0 : "+Kalimat.trim());
}
}
Hasilnya :



Kelas Math
Kelas yang terdapat dalam paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah double abs, double ceil, double floor dll.
Membuat Program OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main(String[]args) {
            System.out.println("E                           = " +Math.E);
            System.out.println("PI                          = " +Math.PI);
            System.out.println("Ln 20                                = " +Math.log(20.0));
            System.out.println("ceil(-5.6)               = " +Math.ceil(-5.6));
            System.out.println("floor(-5.6)                        = " +Math.floor(-5.6));
            System.out.println("round(-5.6)                       = " +Math.round(-5.6));
            System.out.println("sqrt (25)                = " +Math.sqrt (25));
            System.out.println("pow (25, 0.5)                    = " +Math.pow (25,0.5));
}
}
Hasilnya : 



Minggu, 06 November 2011

Praktek V

OVERLOADING, OVERRIDING DAN EXCAPTION

A.  OVERLOADING
     
      Overloading adalah suatu keadaan atau kemampuan dalam bahasa berorientasi objek dimana dalam satu kelas terdapat method yang memiliki nama sama, namun parameter masukan yang berbeda (tipe maupun jumlah parameter).

lebih Jelasnya Overloading secara singkat :
  • Nama Method Boleh Sama , Tapi Jumlah Parameter Mesti berbeda
  • Nilai Yang Di Return Harus memiliki Tipe yang sama


B.  OVERRIDING

     
      Overriding Merupakan Suatu Keadaan Dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk
Keuntungan Overriding : dapat menambahkan sifat / atribut pada kelas induk nya
lebih Jelasnya Overloading secara singkat :
  • Mendefinisikan method dengan nama sama pada class yang berbeda.
  • Konsep dapat di manfaatkan dalam beberapa kasus inheritance, di mana menginginkan penamaan method dengan nama sama namunberbeda dalam impelementasinya.
Modifikasi hak akses pada overriding sangat berpengaruh. Perhatikan tabel di bawah ini 
untuk lebih jelasnya :



C.  EXCEPTION

     Kesalahan atau error sering terjadi pada saat membuat program, ini yang membuat kesal para pemula programmer untuk itu menghindari dari kesalahan atau eror Java menyediakan fasilitas berupa mekanisme penanganan exception. Bisa di kata kan bahwa Exception adalah singkatan dari Exceptional Events atau dalam bahasa indonesianya kesalahan (error) yang terjadi pada saat pembuatan program dan saat runtime, mengakibatkan gangguan pada alur exekusi.

Kesalahan dalam program java terdapat beberapa tipe sebagai contoh kesalahan pembagian 0, mengakses elemen di luar jangkauan array dan input yang tidak benar. Exception merupakan sebuah subclasses baik secara langsung atau tidak langsung, sehingga exception di bagi 2 kategori class yaitu : Error Class dan Exception Class
Exception menunjukkan bahwa class tersebut dapat di terima oleh user program. Tetapi Exception class di gunakan untuk memperbaiki beberapa kesalahan pada kode program sebagai contoh Exception adalah pembagi oleh 0 dan error pada saat array melakukan tindakan di luar jangkauan. Error class menpunyai fungsi untuk menangani kesalahan atau error yang sering muncul pada saat program di jalankan. Tetapi kesalahan pada program merupakan di luar control user karena kemunculan di sebabkan oleh run-time environment. Sebagai contoh out of memory dan harddisk carsh. 

Kategori error dalam program :

1.  Syntax error
     error yang terjadi apabila java compiler menemukan kesalahan pada syntax 
     atau aturan-aturan lainnya pada program.

2.  Runtime error
     Error yang terjadi karena faktor eksternal, seperti adanya pemagian nol, input
     yang tidak sesuai dengan tipe yang diminta dan sebagainya.
     Kondisi ini dikenal sebagai EXCEPTION.

3.  Logic error
     Error yang terjadi karena kesalahan logika program. Misalnya hasil pembagian
     dua buah bilangan diberi tipe data int. Hal ini meyebabkan hasil tidak valid karena ada
     bagian koma desimal yang hilang.



Contoh Program :
A. Membuat Program SegiTiga.java

  class Segitiga {
  public Segitiga (double panjang) {
                System.out.println  ("\nVariabel=segitiganya sama sisi ");
                System.out.println ("Panjang="+panjang);
                keliling(panjang);
  }
  public Segitiga (double panjang, double sisimiring) {
                System.out.println("\n2Variabel=segitiganya sama kaki");
                System.out.println  ("\nVariabel=segitiganya sama sisi ");
                System.out.println ("Panjang="+panjang+" sisi miring= "+ sisimiring);
                                keliling (panjang, sisimiring);
  }

  public void keliling (double panjang) {
                                tampilkanHasil(panjang*3);
  }

   public void keliling (double p, double sM) {
                                tampilkanHasil(2*sM+p);
  }

  protected void tampilkanHasil (double h) {
                System.out.println ("Hasil=" +h);

  }
}


B. Membuat Program MainSegitiga.java

    class MainSegitiga {
  public static void main (String []args) {
                new Segitiga(7);
                new Segitiga(4,7);
  }
}

Hasilnya



C. Membuat Program Overriding
class OverRiding {
  public void MethodAsli() {
                System.out.println("Method milik class OverRiding dijalankan");
  }
    public static void main (String []args) {
                OverRiding O=new OverRiding();
                O.MethodAsli();
    }
  }

Hasilnya


 D. Membuat Program SubOverriding.java
   class SubOverRiding extends OverRiding {
  public void MethodAsli() {
                System.out.println("Method yang sudah Overriding dijalankan");

  }

    public void MethodAsliSuper() {
                System.out.println("Method pemanggil MethodAsli dijalankan");
                                super.MethodAsli();
    }

    public static void main (String[]args) {

                SubOverRiding SO= new SubOverRiding();
                SO.MethodAsli();
                SO.MethodAsliSuper();
    }

   }

Hasilnya



E.  Membuat Program Tanpa Exception.java
class TanpaException

public static void main (String[]args) {
                int Nilai=Integer.parseInt (args[0]);
                System.out.println("Nilai yang dimasukkan : " + Nilai);
                }
}

Hasilnya




F. Membuat Program CobaException.java 


  class CobaException {
 public static void main(String []args) {
                int Nilai=0;
                try {
                                int nilai = Integer.parseInt (args[0]);
                                System.out.println ("Nilai yang Dimasukkan : " + nilai);
                }
                catch (Exception e) {
                System.out.println("Pasti yang diinput bukan Integer");
                }
                finally {
                                System.out.println("Blk finally tetap dilakukan");
                }
    }
 }

Hasilnya



 G. Membuat Program PembagianNol.java

class PembagianNol {
  public static void main (String []args) {
                System.out.println ("Sebelum pembagian");
                try {
                                System.out.println(5/0);
                }
                catch (Throwable T) {
                                System.out.println("Terjadi pemabagian Nol"); }
                                System.out.println ("Sesudah pemabagian");
                                }
                }